Tuesday, December 6, 2011

EDIT GUITAR HERO PS2

Selamat datang pada tips pengeditan game Guitar Hero untuk Playstation 2. Disini akan dijelaskan sejelas - jelasnya bagaimana caranya anda bisa memasukkan lagu - lagu keinginan anda ke game tersebut dan membuat chart / tab untuk lagu - lagu anda tersebut. Serta mengganti video - videonya baik opening maupun bonus video.

Guitar Hero yang bisa anda edit pada tips berikut ini hanya Guitar Hero 1, 2, dan 3, selain itu tidak bisa, kecuali Guitar Hero yang telah di edit, kayak Guitar Hero Indonesia tuh, atau Guitar Hero hasil editan yang lain yang sekarang sudah banyak beredar di pasaran Indonesia.

Sebenarnya, tips berikut ini hanya dianjurkan agar dipakai untuk anda sendiri, atau untuk yang nge-rental PS2 supaya rentalnya lebih rame karena punya game GH yang beda dari yang lain, bukan untuk dipasarkan ke mana - mana. Tapi yaa itu terserah anda lah, saya tidak bertanggung jawab atas apa - apa yang akan anda lakukan setelah menguasai ilmu ini.



Sekarang mulai saja yah...

Bahan - bahan :
1.    Software FeedBack 0.97b ( untuk mengedit lagu. download disini )
2.    Guitar Hero Explorer ( untuk memasukkan lagu. download disini )
3.    Game Guitar Hero ( 1, 2, atau 3 ).
4.    GH2ne ( untuk ganti nama lagu. download disini )
5.    TMPGEnc Free ( untuk convert video. download disini )
6.    PSSPlex ( untuk membuat video PSS. download disini )
7.    Lagu - lagunya. Format mp3, wav, atau ogg.
8.     Videonya, 1 untuk opening, 2 untuk bonus video, jadi semuanya 3 video.
9.    CD-DVD ROM Generator dan Patch CDVD ( download disini dan disini )
10.    UltraISO Premium v9.33 ( untuk convert iml ke iso, download disini )

Langkah - langkah pengerjaan :
1.    Buka FeedBack, baca petunjuk, tekan Esc jika sudah, lalu tekan Esc lagi dan pilih "New Chart". Oh iya, sebelumnya masukkan dahulu file lagunya ke folder "Songs" di directory Feedback anda. Setelah memilih "New Chart", tekan Enter dan pilih lagu anda, lalu Enter.

2.    Anda bisa tekan Esc langsung di tampilan berikutnya, atau mengisi dulu jika perlu.

3.    Silakan edit chart untuk lagu anda, tekan 1 untuk tombol hijau, 2 untuk merah, 3 untuk kuning, 4 untuk biru, dan 5 untuk oranye. Tekan spasi untuk menjalankan lagu. Spasi kembali untuk stop.
Page Down untuk kembali ke awal, Page Up untuk ke chart paling akhir. = untuk meningkatkan BPM, - untuk mengurangi BPM. Tombol panah atas untuk maju, panah bawah untuk mundur, panah kanan dan kiri untuk mengatur step. Tekan H untuk petunjuk lainnya.

4.    Setelah selesai mengedit lagu anda, tekan Esc dan pilih "Save Chart", kemudian buka Guitar Hero Explorer. Klik "File", "Archive", lalu "Add" dan cari file "MAIN.HDR" jika game GH sudah ada di kompi anda, atau "Copy From DVD" jika langsung dari kaset. Tunggu sebentar.


5.    Sekarang klik tanda + pada folder songs, disana anda akan melihat daftar lagu - lagu secara alfabet. Pilih lagu yang akan anda ganti dan klik tanda + nya, maka chart dari lagu tersebut akan muncul. Sekarang klik kanan file .mid dan klik "import", lalu cari dan pilih chart yang telah anda buat tadi dan klik open, maka chart akan diganti dengan chart buatan anda.

6. Setelah itu klik kanan file .vgs dan klik "import". Pada tampilan berikutnya klik kanan dan pilih "add", lalu cari file lagu anda dan klik open. Setelah itu, atur channel - channelnya sesuai keinginan anda dan klik "OK" jika sudah. Lakukan pula hal yang sama pada file .vgs yang lain.

7.    Proses akan berlangsung cukup lama. Jika sudah selesai, klik folder config, lalu gen, lalu klik kanan "songs.dtb" dan pilih "Extract". Pilih dimana file akan disimpan dan klik Save.

8.    Buka GH2ne, klik File, lalu "Open File", cari file songs.dtb tadi dan klik Open, maka daftar nama lagu - lagu pun akan muncul. Sekarang pilih lagu yang telah anda ubah chartnya tadi dan ubah Name-nya serta Artist-nya. Anda juga bisa mengubah penyanyinya, mau laki - laki atau perempuan.

9.    Setelahnya anda klik save, lalu import kembali file songs.dtb yang telah anda ubah ke songs.dtb pada GH Explorer.


10.   Sekarang saatnya anda siapkan video - videonya. Buka TMPGEnc. Lalu klik Load dan browse ke template TMPGEnc. Pilih Playstation2 (NTSC).mcf, dan klik Open. Setelah itu browse videonya lewat tombol browse pada Video Source dan klik Open, lalu tandai "ES (Video Only)", kemudian klik "Start", maka video pun akan mulai di convert.


11.    Setelah selesai, maka anda akan menghasilkan file m2v. Nah, sekarang kita convert kembali video yang sama menjadi wav, gunakan GoldWave. Klik File dan pilih Save as, Pada Save as type pilih Wave (*.wav), di File Name isi dengan nama file audio yang akan anda simpan dan setelah itu klik Save dan proses convert pun akan dimulai




12.    Selanjutnya buka PSSPlex lalu klik MULTIPLEX. Klik open pada MPEG2 source file dan pilih file m2v yang sudah di-convert tadi, lalu pada WAV source file, pilih file wav yang telah di-convert tadi.
Tentukan lokasi file PSS anda pada Select PSS destination file. Setelah itu klik Start.





13. Tunggu proses convert hingga selesai, setelah itu ganti nama file pss anda menjadi INTRO.PSS dan copy ke folder VIDEOS pada directory GH anda (untuk opening saja, untuk yang lainnya tinggal sesuaikan dengan nama file lain di  folder VIDEOS tersebut).
14.    Sekarang waktunya mem-packing kembali game GH anda ke ISO. Pertama, extract dulu file - file yang ada di Patch CDVD menggunakan WinRaR, lalu copy dan paste file - file tersebut ke folder GH anda. Klik kanan pada file KLIK.bat dan klik edit. Ubah SLUS_666.66 menjadi nomer yang sesuai dengan file SLUSnya GH anda. Lalu ubah IOPRP300.IMG menjadi IOP\IOPRP300.IMG. Setelah itu klik File lalu Save, dan klik Close.
15. Double klik file Klik.bat-nya, maka proses patching pun akan berlangsung. Klik apa saja jika sudah selesai.
16.    Sekarang buka CD-DVD ROM Generator, pilih "Create New Project" dan klik OK. Selanjutnya pilih "DVD-ROM Master Disc" dan klik OK. Klik tab Volume, lalu isikan kolom Disc Name sesuai nama file SLUS-nya. Pada kolom Producer Name, bebas.
17.    Sekarang klik tab Directory. Drag semua file serta folder GH-nya ke kolom kosong pada tab Directory, kecuali 4 file Patch CDVD. Semua file dan foldernya harus berurutan.
18.    Setelah itu, klik File, lalu klik "Export iml file", beri nama sesuai keinginan anda, lalu klik Save.
19.    Buka UltraISO, klik File, lalu klik "Compile IML to ISO", cari file iml anda tadi, lalu klik Open, maka proses compile akan berlangsung.
20.    Selesai, anda telah membuat file ISO untuk Guitar Hero editan anda sendiri. Selanjutnya anda bisa burning file ISO tersebut menggunakan Alcohol 120%, atau bisa juga di install ke HDD PS2.

3 comments:

  1. file download CD-DVD ROM Generator dan Patch CDVD
    sudah dihapus dari mediafire, ada link yang laennya?

    trims

    ReplyDelete
  2. file CD-DVD ROM Generator dan Patch CDVD sudah tidak bisa di download, ada link download yang lainnya?
    trims

    ReplyDelete
  3. http://chartguitarheroindo.blogspot.co.id/

    ReplyDelete