Monday, February 20, 2012

PLAY PS2 GAMES FROM USB HD OR USB FLASHDISK

Selamat datang dan selamat jumpa kembali, setelah sekian lama saya nggak mengurus ini blog, sibuk soalnya, banyak kerjaan yang harus dikerjain di rumah. belum lagi bawa komputer ke tukang servis soalnya kemarin kemarin kompi ane rusak, terus lagi banyak undangan dari para temen-temen ane. (lha, kok malah curhat ???)

Ok dah, sekarang saya disini akan menjelaskan bagaimana caranya kalian kalian semua bisa bermain game ps2 lewat Hardisk Eksternal atau yang lebih dikenal dengan sebutan USB Hardisk, maupun lewat benda kecil yang sering anda bawa yang bernama Flashdisk.



Sekarang, perhatikan baik baik penjelasan dari saya...

Bahan - bahan yang diperlukan :
1. Hardisk Eksternal atau Flashdisk.
2. Open PS2 Loader (download OPL 0.8 disini), bisa juga pake USBAdvance, tapi tidak dianjurkan.
3. Memory Card Booting (lihat penginstallan Free MCBoot di sekmen sebelumnya)
4. Konsol PS2nya tentunya

Langkah - langkah pengerjaan :
  1. Pertama, yang penting kita bisa menjalankan Open PS2 Loadernya dulu. Jika PS2 anda telah memiliki HDD Internal, maka langkah yang dilakukan gampang, anda tinggal install Open PS2 Loadernya seperti anda menginstall HDLoader (lihat sekmen install HDLoader), hanya perbedaannya anda harus rename sendiri file OPNPS2LD.ELF nya menjadi BOOT.ELF.
  2. Tapi, jika konsol anda sama sekali tidak memiliki HDD Internal, maka yang harus anda lakukan adalah menjalankannya lewat MC Booting anda. Pilih menu Free MCBoot Configuration pada MC Booting anda, lalu akan muncul pilihan button, pilih terserah anda. Setelah itu, masuk ke Configure OSDYS option, lalu pilih Configure Item 1 (terserah anda mau item berapa) dan rubah pathnya ke file OPNPS2LD.ELF anda disimpan, entah itu di HD eksternalnya ataupun di MCnya, kemudian ubah pula namanya menjadi Open PS2 Loader <<< Nama judul menunya, bukan filenya.
  3. Pilih Return, setelah itu pilih Save CNF to MC0, Kemudian pilih PS2 Browser (FMCB Restart).
  4. Sekarang anda dapat melihat menu Open PS2 Loader di MC Booting anda, pilih dan jalankan, maka anda akan terhubung ke OPL. Setelah tunggu beberapa saat, tekan start, lalu pilih setting, kemudian ubah USB Device Start Mode ke Auto. Selanjutnya pilih return.
  5. Tekan start untuk kembali, lalu tekan kiri, maka anda akan melihat kumpulan game-game ps2 yang ada di Hardisk Eksternal atau Flashdisk anda.
  6. Selesai, sekarang anda bisa bermain game ps2 lewat USB.


Aku sudah install OPL terus udah masukin game2nya ke HD Eksternalku, tapi gamenya kok gak ada ya di OPLnya ?

Here is another problem,
Dalam penginstalan game pada USB HD sungguh berbeda dengan HD Internal, HD Internal menggunakan WinHiip untuk install game, tapi USB HD bisa menggunakan USBUtil ataupun dengan cara manual.

Install game USB dengan USBUtil :
  1.  Jalankan USBUtil, lalu pilih File => Create game from ISO.
  2.  Cari dimana ISO game anda disimpan, dan atur kemana game akan diinstall. Setelah itu pilih Create 
  3.  Tunggu beberapa lama, setelah selesai, klik Close, dan anda pun berhasil membuat game anda terbaca di menu OPL.
Menggunakan cara Manual :
  1. Buat Folder bernama DVD di USB HD anda jika game yang dimasukkan DVD, jika CD, buat folder bernama CD.
  2. Masukkan ISO game ps2 ke folder tersebut.
  3. masukkan file iso2opl.exe ke folder tersebut. Setelah itu klik Start=>Run, lalu ketik cmd.
  4. Ketik path USB anda, misalnya D:, E:, F: atau sebagainya, lalu tekan Enter. kemudian ketik CD DVD jika gamenya ada di folder DVD atau ketik CD CD jika gamenya ada di folder CD , lalu tekan Enter. kemudian ketik iso2opl SCAN, lalu tekan Enter.
  5. Selesai, game ps2 anda sudah readable di OPL.


Semuanya sudah dilakukan, daftar gamenya udah muncul di OPL, tapi pas dijalanin kok malah error, blank screen gitu ya ?

Eittt, tunggu dulu. Game PS2 dalam USB itu sangat berpengaruh dengan sesuatu yang bernama Fragment. Jadi, jika gamenya memiliki Fragment di dalamnya, otomatis gamenya pun ga akan jalan. So, alangkah baiknya setelah kalian beres menginstall game ps2nya ke USB HD, kalian check dulu lagi fragmentasinya. Kalian bisa menggunakan sistem defrag yang telah ada di komputer, ataupun bisa menggunakan software, saya anjurkan software Auslogic Disk Defrag yang kalian gunakan.
Setelah Fragment dalam gamenya hilang, dijamin game2 kalian sekarang akan jalan lancar 100 %.

Sekian penjelasan dari saya. Wassalam.

12 comments:

  1. gambarnya dong biar jelas gmn nih tutornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikelnya sangat lengkap gam, mampir juga ke blog ane ya
      http://idcheat.com/2016/03/playstation-2-sistem-hdloader-vs-open-ps2loader.html

      Delete
  2. Ps sudah bisa pake flashdisk 16 gb tapi knp gak bisa pake flashdisk yang 32 gb ? padahal instalan sudah benar... mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  3. kalo ga pake memory card bisa ga ?

    ReplyDelete
  4. gan ane ada masalah neh, saat ngisi ulauch ke plas disk ( yang iso ) pake usb util tiba tiba ada pesan error " cnf tidak bisa di pake " gimana itu gan. apa tetap bisa jalan ulaunch nya?

    ReplyDelete
  5. pas main suikoden v ga jalan ya gan?

    ReplyDelete
  6. game pc ke ps2 bisa gk pake usb ?

    ReplyDelete
  7. sebelumnya saya pake hdd ekternal dan itu normal aja artinya bisa berjalan dan tidak ada masalah, trus saya coba pake pake cd ulaunc, usb dan mmc hdd external sy cabut dan bisa booting tapi yang bisa dibaca cuma mc nya aja, flashdisknya tidak terdeteksi, sy cek dikomputer format flashdisknya tertea fat32. bagaimana gan solusinya

    ReplyDelete
  8. Sy,pake ps2 hdd internal matriks,yg sy mau nanyain. Yaitu kenapa ya ada beberapa game yg kagak jalan =shadow of coloseuis,gta v,pirates of caribian,adalgisih,cumun itu saja ,agak lupa yg lainnya,itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  9. saya punya hd yang sudah terinstal game OPL terus bootingnya pakek cd opl juga,yg saya tanyakan bisa enggak boting lewat flasdisc 2 gb untuk bisa memutar hd nya

    ReplyDelete
  10. Tioga: The Best Steel-Plated Iron Cloth Set
    Tioga: The titanium quartz meaning Best Steel-Plated Iron Cloth Set - This metal band titanium white octane gives microtouch trimmer you the highest quality metal band in metal band brass! titanium daith jewelry Includes free ford escape titanium 2021 shipping.

    ReplyDelete